PANTANG MENYERAH DEMI PENDIDIKAN YANG LAYAK

 


    Pendidikan, sebuah hal yang harus diberikan kepada semua anak di seluruh negeri ini. Pendidikan adalah sebuah proses antara seorang peserta didik dan pendidik dalam suatu waktu dengan tujuan untuk mencapai manusia yang memiliki martabat, moral, dan etika yang baik. Indonesia sudah mewajibkan warganya untuk bersekolah. Tak terkecuali para anak di pedalam Indonesia, mereka juga harus bersekolah agar mereka menjadi anak yang pintar. Namun banyak hal yang membuat pendidikan terasa sulit bagi anak-anak di pedalaman Indonesia. 

   Seperti, mereka sulit untuk mendapatkan suatu kehidupan yang layak, sulit untuk mendapatkan tempat dan fasilitas belajar yang layak di sekolah, dan sulit untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Tak hanya itu mereka pun memiliki kendala dalam menempuh pendidikan yang baik. Mereka harus rela berjalan berkilo-kilo meter jauhnya, harus melewati sungai sungai besar. Hal itu mereka lakukan  hanya untuk mendapatkan pendidikan yang baik. Bahkan, terkadang anak-anak hanya bersekolah menggunakan kaos karena ekonomi yang kurang memadai, sehingga saat ingin bersekolah mereka hanya menggunakan pakaian yang menurut mereka layak digunakan, tidak menggunakan seragam yang bagus, sepatu yang indah, buku dan tas yang layak digunakan.

   Kurangnya pengajar di daerah pedalaman juga menjadi salah satu faktor mengapa pendidikan itu sulit di dapatkan bagi mereka. Hal ini terjadi karena daerah yang jauh dari perkotaan, kurangnya sarana prasarana yang ada, dan juga tempat yang sulit untuk mendapatkan sinyal atau internet. Hal ini menyebabkan jarang ada orang dari kota besar yang peduli dan mau menjadi pengajar di daerah pedalaman. Mereka tidak memikirkan pentinya pendidikan bagi siswa pedalaman yang harusnya mendapatkan pendidikan yang baik seperti anak-anak di perkotaan. Di sana pun masih banyak bangunan yang tidak layak untuk dijadikan sekolah. Hal ini sudah selayaknya menjadi perhatian  bagi pemerintah agar mereka mendapatkan pendidikan dengan kondisi yang lebih baik.

     Karena berbagai faktor inilah angka putus sekolah di daerah pedalaman relatif tinggi.  Mereka merasa, kurangnya dukungan orang tua dan jarak rumah ke sekolah yang sangat jauh membuat mereka menjadi putus asa dan memilih untuk membantu orang tua mereka di ladang atau sawah untuk bertani. Atas pemaparan berbagai masalah yang menghabat pendidikan bagi anak-anak pedalaman ini sudah seharusnya pemerintah lebih mengutamakan pendidikan yang merata bagi seluruh anak di Indonesia.

     Jangan patahkan semangat belajar anak-anak pedalaman!! beri mereka motivasi untuk lebih berjuang dalam mendapatkan semua hal yang mereka mau. Contohnya seperti mendapatkan pendidikan  berkualitas yang layak untuk mereka. Dan kepada pemerintah, diharapkan dapat mengoptimalkan pengembangan pendidikan secara merata di seluruh Indonesia, serta memprioritaskan apa yang seharusnya menjadi sorotan utama. Agar negara kita bisa menghasilkan dan membantu anak-anak yang memiliki semangat untuk belajar menjadi generasi yang hebat. Nantinya akan menjadi generasi yang mampu untuk membantu menjadikan negara ini lebih maju dan berkembang agar tidak dipandang sebelah mata oleh negara lain.


 




Komentar